Keindahan Pulau Tidore

Jumat, 20 April 2012

Buat para traveler mungkin nama pulau tidore masih kurang familiar, akan tetapi buat yang pengen mendapatkan tantangan boleh saja kalian mencoba berwisata di pulau tidore ini, Mendengar nama Tidore, mungkin masih asing bagi para traveler. Akan tetapi, keindahan pulau ini dijamin akan menyihir Anda. Tidore memiliki banyak destinasi wisata yang ciamik, baik itu alam, budaya, atau sejarah. Penasaran?

Perjalanan menuju ke Tidore dapat Anda tempuh dengan pesawat terbang, melalui Pulau ternate. Dari sana, Anda bisa naik speedboat dengan biaya Rp 10.000 per orang dari Pelabuhan Pastiong menuju Pelabuhan Rum, Tidore. Cukup 15 menit saja, Anda akan tiba di daratan Ternate.

Di Tidore hanya terdapat satu penginapan saja, yaitu penginapan Seroja. Harganya Rp 300.000 dengan dua tempat tidur alias twin bed, serta fasilitas AC atau Rp 200.000 dengan fasilitas kipas angin. Letaknya hanya 30 menit dari Pelabuhan Rum.

Terdapat 2 benteng peninggalan bangsa Portugis di Tidore, yaitu Benteng Tohula dan Tore. Benteng tersebut berupa sisa-sisa batu reruntuhan, tapi terlihat jelas bentuk benteng yang luas dan gagah. Pemandangan dari kedua benteng tersebut sangat luar biasa! Anda dapat melihat sebagian Pulau Tidore, lautan yang berwarna biru, Pulau Halmahera, Pulau Ternate dan Kedaton Kie, tempat Sultan Tidore.

Anda dapat mengelilingi Pulau Tidore dengan mobil sewaan selama seharian, harganya berkisar Rp 300.000-400.000. Air panas Akesahu menjadi destinasi yang unik selanjutnya. Pemandian air panas ini letaknya berada di pinggir pantai dan airnya berasa tawar. Selain itu, Anda juga bisa menikmati biru dan jernihnya air laut di sini.

Tidore beriklim panas, jangan heran terik matahari akan selalu menyertai Anda di sini. Akan tetapi, terdapat satu tempat yang dingin dan sejuk yaitu Gurabunga. Di sini, teriknya matahari kalah oleh dinginnya udara. Sesuai dengan namanya, tempat ini memiliki banyak bunga-bunga yang cantik di sepinggir jalan. Perpaduan yang sempurna!

Di Gurabunga juga terdapat rumah adat Tidore, yang bernama Folajikosabari. Rumah adatnya terbentuk dari bambu dan berlantaikan tanah. Jika dilihat dari jauh, rumah ini berbentuk orang bersila. Uniknya, rumah ini juga kental dengan nuansa Islam. Rumah adat ini memiliki 5 ruangan, sesuai dengan waktu ibadah salat, dan memiliki 2 ikat pada setiap bambunya, yang melambangkan 2 kalimat syahadat.

Pantai di Tidore memang berbentuk karang bukan pantai. Walaupun begitu, air lautnya sangat jernih dan biru. Dari pinggir, Anda bisa melihat ikan berwarna-warni yang berenang. Ada juga gerombolan-gerombolan ikan yang memesona. Saat siang hari, lautnya memancarkan cahaya matahari seperti lampu kelap-kelip. Malam harinya, cahaya rembulan bagaikan selimut raksasa yang menyelimuti lautnya.

Sayangnya, di sini tidak terdapat toko-toko yang menyewakan alat selam atau snorkeling. Untuk itu, lebih baik siapkan sendiri alat snorkeling dan selamnya. Anda bisa menyelami keindahan bawah lautnya dan berenang di lautan yang biru.

Keindahan Tidore memang belum banyak diketahui banyak traveler. Siapkan diri Anda untuk mencicipi keindahan tiap sudutnya!

Berikut ini beberapa foto mengenai keindahan pulau tidore